Ahli Temukan Mumi Berusia 800 Tahun di Peru, Ada Sesajen Juga

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 27 November 2021 - 09:52:00 WIB
Ahli Temukan Mumi Berusia 800 Tahun di Peru, Ada Sesajen Juga
Tim arkeolog menemukan mumi berusia 800 tahun di pantai tengah Peru. Mumi itu dalam kondisi terikat tali. (Foto: Market Research Telecast)

LIMA, iNews.id – Sekelompok ahli menemukan mumi di pantai tengah Peru. Salah satu arkeolog yang berpartisipasi dalam penggalian situs itu, Pieter Van Dalen Luna  mengatakan, mumi itu diperkirakan berusia setidaknya 800 tahun.

Menurut dia, mumi itu adalah sisa jasad seseorang yang berasal dari budaya yang berkembang antara pantai dan pegunungan di Peru. Mumi yang jenis kelaminnya tidak lagi bisa diidentifikasi itu ditemukan di wilayah Lima.

“Ciri utama mumi itu adalah, seluruh tubuhnya diikat dengan tali dan dengan tangan menutupi wajah, yang menjadi bagian dari pola pemakaman lokal,” kata Van Dalen Luna yang tercatat sebagai arkeolog dari Universitas Negeri San Marcos itu, Jumat (26/11/2021).

Dia menduga jenazah tersebut dulunya adalah seseorang yang tinggal di wilayah Dataran Tinggi Andes di negeri Amerika Selatan itu. “Penanggalan radiokarbon akan memberikan kronologi yang lebih tepat tentang mumi itu,” ujarnya.

Mumi itu ditemukan di dalam struktur bawah tanah di pinggiran Kota Lima. Di makam tersebut, juga terdapat sejumlah sesajen termasuk keramik, sisa-sisa sayuran, dan peralatan batu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda