Andi Taufan Garuda Putra Bikin Surat Minta Maaf, Begini Isinya

Rizki Maulana ยท Selasa, 14 April 2020 - 17:08:00 WIB
Andi Taufan Garuda Putra Bikin Surat Minta Maaf, Begini Isinya
Stafsus Presiden Jokowi Ahmad Taufan Garuda Putra (kiri) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/11/2029). (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id – Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo Bidang Ekonomi dan Keuangan Andi Taufan Garuda Putra menuai kontroversi. Dia dikecam setelah membuat surat kepada seluruh camat agar membantu PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) miliknya dalam penanganan Covid-19.

Andi Taufan dikecam lantaran surat yang ditujukan kepada camat itu menggunakan kop berlogo Sekretariat Negara. Surat bernomor 003/SKP-ATGP/IV/2020 ini meminta camat membantu Amartha yang menjalankan program Relawan Desa Lawan Covid-19.

Surat ini beredar luas ke masyarakat. Surat ini pun kemudian menjadi pergunjingan dan viral di media sosial. Di platform Twitter, cuitan mengenai stafsus pun menjadi trending topic.

Andi Taufan telah mengklarifikasi surat tersebut. Dia menegaskan telah mencabut surat berkop Sekretariat Negara tersebut sekaligus meminta maaf kepada masyarakat.

"Tentunya hal ini akan menjadi pelajaran penting bagi saya sebagai anak muda yang ingin memberikan kontribusi untuk negeri, agar tetap mengikuti kaidah aturan dalam sistem birokrasi. Saya mohon maaf atas hal ini dan menarik kembali surat tersebut," katanya dalam surat terbuka, yang diterima iNews.id, Selasa (14/4/2020).

Peraih gelar Master of Public Adminstration dari Universitas Harvard ini menuturkan, surat tersebut sebenarnya bertujuan sebagai pemberitahuan. Dia hanya ingin berbuat baik dan bergerak cepat untuk membantu, mencegah dan menanggulangi virus corona di desa-desa.

Stafsus presien lulusan S1 Manajemen Bisnis Institut Teknologi Bandung ini berkomitmen akan terus membantu pemerintah dalam penanganan virus coron dengan bekerja sama dengan semua lapisan. Mulai dari Pemerintah, swasta, lembaga dan organisasi masyarakat.

"Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf atas kegaduhan dan ketidaknyamanan yang timbul. Apapun yang terjadi, saya tetap membantu desa dalam kapasitas dan keterbatasan saya," tuturnya.

Berikut isi surat terbuka Andi Taufan Garuda Putra:

Perihal: Klarifikasi dan Permohonan Maaf

Kepada Yth Rekan-Rekan Media,

Sehubungan dengan beredarnya surat saya, Andi Taufan Garuda Putra selaku Staf Khusus Presiden nomor 003/S-SKP-ATGP/IV/2020 tentang kerjasama sebagai relawan desa lawan COVID-19 yang ditujukan kepada camat beberapa daerah, yang menimbulkan tanggapan dari berbagai pihak, termasuk media.

Untuk itu saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan masukan. Tentunya hal ini akan menjadi pelajaran penting bagi saya sebagai anak muda yang ingin memberikan kontribusi untuk negeri, agar tetap mengikuti kaidah aturan dalam sistem birokrasi.

Saya mohon maaf atas hal ini dan menarik kembali surat tersebut. Perlu saya sampaikan bahwa surat tersebut bersifat pemberitahuan dukungan kepada program Desa Lawan Covid-19 yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Maksud saya ingin berbuat baik dan bergerak cepat untuk membantu mencegah dan menanggulangi Covid-19 di desa, melalui dukungan secara langsung oleh tim lapangan Amartha yang berada di bawah kepemimpinan saya.

Dukungan tersebut, murni atas dasar kemanusiaan dan dengan biaya Amartha dan donasi masyarakat, yang akan dipertanggungjawabkan secara transparan dan akuntabel. Dukungan yang diberikan dilakukan tanpa menggunakan anggaran negara, baik APBN maupun APBD.

Saya akan terus bergerak membantu Pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19. Bekerjasama dan bergotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat, baik Pemerintah, swasta, lembaga dan organisasi masyarakat lainnya untuk menanggulangi Covid-19 dengan cepat.

Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf atas kegaduhan dan ketidaknyamanan yang timbul. Apapun yang terjadi, saya tetap membantu desa dalam kapasitas dan keterbatasan saya.

Jakarta, 14 April 2020

Andi Taufan Garuda Putra
Email: atgarudaputra@gmail.com

Editor : Zen Teguh

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda