Antisipasi Covid-19, BNPB Akan Lakukan Penanganan di NTT dan NTB seperti di Sulbar 

Yohannes Tobing · Selasa, 06 April 2021 - 06:58:00 WIB
Antisipasi Covid-19, BNPB Akan Lakukan Penanganan di NTT dan NTB seperti di Sulbar 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi) 

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah melakukan upaya dan  antisipasi terhadap penularan Covid-19 di tengah bencana banjir bandang dan longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sejumlah cara dilakukan. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat Konferensi Pers Virtual mengatakan jajarannya telah melakukan upaya seperti yang dilakukan sebelumnya yakni di Sulawesi Barat. 

"Langkah langkah kita adalah yang pertama sekali kita akan memisahkan kelompok masyarakat yang rentan dan yang lebih muda. Hal Seperti juga kita lakukan seperti di Sulawesi Barat saat Desember - Januari. Masyarakat kita pisahkan dan mau," ucap Doni pada Senin (5/4/2021). 

Doni menyebut dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir di wilayah Nusa Tenggara Timur memang diakui mengalami peninggkatan kasus Covid-19 yang terjadi setelah bulan Desember. 

"Untuk itu kita akan ingatkan, konsep itu (di Sulawesi Barat) akan tetap kami jalankan untuk pengungsi di NTT," tuturnya. 

Doni juga menuturkan BNPB tengah berkordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan antigen. 

"Jadi kami telah berkordinasi akan akan melakukan atau buat antigen bagi warga atau masyarakat yang telah mencapai di posko pengungsian. Hak ini sebagai salah satu upaya pencegahan," ucap Doni. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq