Arti Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila Lengkap Penjelasannya

Antik Dalu Shinta · Jumat, 13 Mei 2022 - 17:49:00 WIB
Arti Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila Lengkap Penjelasannya
lambang negara indonesia adalah garuda pancasila

JAKARTA, iNews.id - Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda. Hal ini harus diketahui oleh setiap warga Indonesia. Tetapi banyak orang yang belum tahu sejarah Garuda. Ini penjelasannya.

Mengutip buku ‘Garuda Pancasila dari Kisah Garudeya’ karya Femi Eka Rahmawati dalam pasal 3 Peraturan Pemerintah No 66 Tahun 1951 disebutkan bahwa burung garuda yang digantungi perisai itu adalah lambang tenaga pembangun, seperti yang dikenal pada peradaban Indonesia.

Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara Indonesia

Lambang negara Indonesia adalah burung garuda yang menurut mitologi, Indonesia berdekatan dengan elang Rajawali. Akmal Sutja (1986:11) menjelaskan bahwa garuda itu adalah istilah yang dipakai dalam mitologi untuk menunjuk elang rajawali. Orang bisa menggabungkan suatu mitos dengan fungsi tertentu. 

Identitas nasional adalah jati diri bangsa dalam bernegara. Karakteristik identitas nasional artinya ciri khas jati diri bangsa dalam bernegara. Ciri khas suatu bangsa akan terbentuk berdasarkan pengalamannya sebagai bangsa dalam berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain.

Jadi, lambang negara Garuda Pancasila merupakan salah satu karakteristik identitas nasional bangsa Indonesia (Sudirwo, 2009:21).

Bagian-Bagian Lambang Garuda Pancasila

Lambang negara Indonesia adalah berbentuk burung garuda yang kepalanya menoleh lurus ke sebelah kanan dengan perisai berupa jantung yang digantung dengan rantai pada leher garuda dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ditulis atas pita yang dicengkeram oleh Garuda.

Garuda Pancasila memiliki paruh, sayap, ekor yang mewujudkan lambang tenaga pembangun. Garuda Pancasila memiliki sayap yang masing-masing berbulu 17, ekor berbulu 8, pangkal ekor berbulu 19 dan leher berbulu 45. 

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda