ASQI Gandeng MNC University Gelar Webinar Nasional Bahas Customer Experience 5.0
JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI) berkolaborasi dengan MNC University dan The International Customer Experience Institute (ICXI) menyelenggarakan Webinar Nasional bertajuk “Membangun Layanan Unggul Berbasis Customer Experience 5.0” pada Sabtu (26/7/2025) lalu. Kegiatan ini bertujuan mendorong transformasi pelayanan pelanggan yang adaptif di era digital.
Webinar ini menjadi bukti nyata pentingnya sinergi antara dunia pendidikan tinggi dan industri dalam membangun sumber daya manusia unggul di bidang layanan pelanggan. MNC University, sebagai mitra akademik, turut mendukung inisiatif ini dalam upaya membekali mahasiswa dan publik luas dengan wawasan terkini seputar pelayanan berbasis teknologi dan empati.
Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian Serial Webinar Nasional menuju Festival Pelanggan Nasional 2025 yang akan mencapai puncaknya pada awal September 2025 di kampus MNC University, Jakarta. Puncak acara tersebut akan diramaikan dengan pemberian penghargaan bagi individu dan organisasi yang dinilai berhasil membangun budaya layanan prima berbasis pengalaman pelanggan yang mulus (seamless experience), baik melalui kanal fisik maupun digital.
Ketua Umum ASQI Ahmad Arwani Raharjo menegaskan pendekatan Customer Experience 5.0 tidak lagi bersifat transaksional, melainkan menuntut kolaborasi antara manusia dan kecerdasan buatan (AI-human collaboration) untuk menghadirkan layanan yang konsisten, personal, dan menyeluruh di setiap titik interaksi.
“Kita tak lagi cukup memuaskan pelanggan. Di era 5.0, kita harus menciptakan pengalaman yang mengesankan, terintegrasi, dan relevan baik di cabang, digital, maupun media sosial,” ujar Ahmad dalam keterangan tertulis, Rabu (6/8/2025).
Sementara itu, Senior VP - Head of Marketing Strategy & Customer Experience Adira Finance Tania Endah Budhi berbagi praktik terbaik mengenai penerapan budaya melayani yang fokus pada penciptaan pengalaman pelanggan yang menyeluruh. Dia menekankan pentingnya customer journey mapping, feedback integration, dan penguatan kapabilitas digital pada garda terdepan (digital frontliner) sebagai strategi utama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.