Astra Bangun Kampus Politeknik Manufaktur di Deta Silicon Cikarang

Felldy Utama ยท Jumat, 10 Mei 2019 - 16:59 WIB
Astra Bangun Kampus Politeknik Manufaktur di Deta Silicon Cikarang

Menperin Airlangga Hartarto bersama Menristek Dikti M Nasir dan Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk Prijono Sugiharto dalam acara groundbreaking kampus Polman Astra di Kawasan Industri Delta Silicon II, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jumat (10/

CIKARANG, iNews.id, – Komitmen Astra untuk memajukan pendidikan di Indonesia kembali diwujudkan dengan pembangunan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) di Kawasan Industri Delta Silicon II, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (10/5/2019). Kampus ini akan menjadi yang terbesar setelah kampus Polman Astra di Sunter, Jakarta Utara.

Hadir dalam acara peresmian pembangunan (groundbreaking) kampus Polman Astra yakni Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir, serta Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk (ASII) Prijono Sugiharto.

Menperin mengapresiasi Astra atas dukungannya memajukan pendidikan di Indonesia melalui pembangunan kampus Polman Astra. Dalam pandangannya, beberapa tahun terakhir perkembangan pendidikan politeknik cukup stagnan.

"Nah ini kita akan terus tumbuh dan kembangkan karena Politeknik ini akan menghasilkan tenaga kerja yang siap bekerja. Jadi ini yang juga akan kita dorong, sehingga kita bisa menghasilkan sumber daya yang andal," kata Airlangga saat menyampaikan sambutan.

Presdir Astra Prijono Sugiharto menuturkan, kampus Polman Astra Detla Silicon ini akan menjadi kampus pengembangan dari kampus Sunter, Jakarta Utara yang telah digunakan sejak 1995. Dia pun berharap dari segi jumlah mahasiswa, akan jauh lebih banyak dari tempat sebelumnya yang hanya menampung kurang lebih 636 orang.

"Tadi saya ditanya Pak Menperin, 'Pak Pri maunya berapa mahasiwa di sini?’ Saya katakan kepada Direktur Polman Pak Tony Silalahi, ya kalau sudah dikasih belanja modal yang begini besar, di luas tanah seluas 5 hektare, di mana building area-nya 47.000 meter persegi, ya kebangetan kalau jumlah mahasiswanya enggak 10 kali dari sekarang," ujarnya.

Sementara itu Direktur Polman Astra Tony Harley Silalahi menuturkan, selama lima tahun terakhir sekitar 60 persen lulusan Polman Astra telah diserap langsung oleh Grup Astra. Sementara, sisanya diserap oleh industri lain serta sebagian kecil melanjutkan studi dan membuka usaha.

"Keterserapan lulusan oleh industri ini merupakan salah satu cara mendukung program pemerintah melakukan link and match antara kebutuhan industri dan pendidikan tinggi vokasi," kata Tony

Untuk diketahui, sejak 1995 Astra telah mendukung kontribusi pengembangan Polman Astra yang dinaungi oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) sebagai sebuah lembaga pendidikan vokasi di bidang teknologi, khususnya terkait otomotif dan sumber daya alam.

Saat ini Polma Astra memiliki 6 program studi, yakni Teknik Pembuatan Peralatan Perkakas Produksi (P4), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPPM), Manajemen Informatika, Mesin Otomotif, Mekatronika, dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung.

Editor : Zen Teguh