Atasi Masalah Papua, Istana: Presiden Jokowi Gunakan Pendekatan Kesejahteraan

Fahreza Rizky · Selasa, 01 Desember 2020 - 22:35:00 WIB
Atasi Masalah Papua, Istana: Presiden Jokowi Gunakan Pendekatan Kesejahteraan
Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo disebut menggunakan pendekatan kesejahteraan ketimbang keamanan untuk mengatasi kompleksitas permasalahan di Papua. Namun, kelompok kriminal bersenjata (KKB) selalu menegasikan upaya itu.

"Sebenarnya dari awal Pak Jokowi pendekatan penyelesaian Papua lebih dititikberatkan pendekatan kesejahteraan, prosperity approach. Buktinya apa, buktinya satu, membangun berbagai infrastruktur agar tidak ketinggalan," ujar Moeldoko saat jumpa pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Hal itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) yang juga Mantan Panglima TNI, Moeldoko, merespons adanya ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

Kemudian, Jokowi juga mengupayakan pendekatan ekonomi yang muaranya adalah kesejahteraan rakyat Papua. Misalnya bahan bakar minyak (BBM) satu harga, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

"Pertanyaanya kenapa masih ada korban? Begini, ada upaya yang sistematis dari pihak kelompok bersenjata untuk satu, menekan, meneror kepada masyarakat. Kenapa demikian, karena masyarakat tidak boleh sejahtera," tuturnya.

Editor : Faieq Hidayat