Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat? Ini 9 Tips Kenali Minat dan Bakat

Neneng Zubaedah ยท Rabu, 19 Januari 2022 - 11:39:00 WIB
Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat? Ini 9 Tips Kenali Minat dan Bakat
Ilustrasi mahasiswa universitas

JAKARTA, iNews.id - Apakah kamu masih bingung bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat? Tak perlu khawatir karena ada tips mengenali minat dan bakat.

Sebentar lagi, siswa kelas 12 akan menghadapi seleksi masuk kuliah, baik SNMPTN atau SBMPTN. Untuk itu, mempersiapkan jurusan pilihan merupakan hal yang penting.

Agar tidak salah pilih ada 9 cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Melansir laman Ruangguru, berikut caranya.

Cara Memilih Jurusan yang Tepat

  • 1. Ikut Tes Minat Bakat

Tes minat bakat merupakan cara termudah mengetahui jurusan yang tepat untuk kamu. Tes ini biasanya terbagi menjadi tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai. 

Hasil tesnya akan memperlihatkan ketertarikan kamu pada kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat kamu. Kemudian, tes bakat akan terdiri dari lima bagian pertanyaan, yaitu penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning. 

Semua pertanyaan akan memperlihatkan 10 rekomendasi jurusan kuliah yang tepat untuk kamu, lho.

  • 2. Perdalam Hobi

Hobi merupakan salah satu titik terang dari minat dan bakat yang terpendam dalam diri. Untuk itu, jangan sepelekan hobi yang kamu jalani.

Jika kamu suka menulis atau menggambar, maka cari jurusan yang sesuai dengan hobi tersebut. Jika didalami kamu akan lebih melihat minat dan bakat dalam diri.

  • 3. Cari Tahu Apa yang Paling Disukai

Cobalah untuk menyaring beberapa hal yang kamu sukai. Jika itu sulit, kamu bisa menentukan beberapa hal yang sangat disukai dan ingin melakukannya setiap saat.

  • 4. Tulis Hal yang Kamu Sukai

Setelah menyaring hal yang paling kamu sukai, coba untuk tulis tangan hal tersebut. Dengan menulis, kamu akan lebih mengenali dan berpikir mengenai minat tersebut apakah sesuai dengan diri sendiri atau tidak.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: