Bagaimana Sikap Alquran terhadap Rasisme? Simak Tafsir Surat Al Hujurat Ayat 13

Kurnia Illahi · Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:39:00 WIB
Bagaimana Sikap Alquran terhadap Rasisme? Simak Tafsir Surat Al Hujurat Ayat 13
Dalam Islam, memandang rendah orang lain hanya karena warna kulit berbeda dilarang tegas. Hal ini termaktub dalam Surat Al Hujurat ayat 13. (Foto: ilustrasi/AFP).

JAKARTA, iNews.id – Kerusuhan berlatar belakang rasial di Amerika Serikat (AS) telah memunculkan tagar #BlackLivesMatter yang menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu. Tagar tersebut didengungkan untuk merespons isu rasisme yang kembali melanda orang-orang kulit hitam di negara tersebut.

Tak hanya di dunia maya, banyak warga AS baik yang berkulit hitam maupun yang lainnya membanjiri jalan-jalan utama sejumlah kota di sana untuk bersama mengutuk segala bentuk tindakan rasial bagi kaum Afro Amerika. Aksi demonstrasi bahkan merambat ke sejumlah negara lain bahkan sejumlah negara di Asia.

Rasisme pada dasarnya tindakan atau sikap yang memandang rendah orang lain yang berbeda warna kulit darinya. Paham ini masih menjadi penyakit kronis yang seperti belum bisa hilang dari manusia modern. Padahal, sudah banyak upaya untuk melawannya baik lewat kampanye maupun lewat demonstrasi langsung di jalan-jalan setiap kali ada isu rasisme mencuat. Lantas bagaimana pandangan Agama Islam ihwal rasisme?

Dalam Islam, memandang rendah orang lain hanya karena warna kulitnya berbeda dengan kita dilarang secara tegas. Hal ini termaktub dalam Surat Al Hujurat ayat 13 yang berbunyi:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ وَّاُنۡثٰى وَجَعَلۡنٰكُمۡ شُعُوۡبًا وَّقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوۡا‌ ؕ اِنَّ اَكۡرَمَكُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ اَ تۡقٰٮكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيۡمٌ خَبِيۡرٌ

Yang artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

Dalam Tafsir As-Sa’di, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di menyebut bahwa melalui surah ini, Allah SWT memberitahukan, bahwa Dia yang menciptakan Bani Adam dari asal yang satu dan jenis yang satu. Mereka semua dari laki-laki dan perempuan dan jika ditelusuri, maka ujungnya kembali kepada Adam dan Hawa’.

Editor : Zen Teguh