Bakal Dilantik Jokowi, Ini 4 Peraih Adhi Makayasa 2020

Riezky Maulana ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 21:09 WIB
Bakal Dilantik Jokowi, Ini 4 Peraih Adhi Makayasa 2020

Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto berbincang dengan para Capaja TNI-Polri peraih Adhi Makayasa di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/7/2020). (Foto: Puspen TNI).

JAKARTA, iNews.id - Empat Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri peraih Adhi Makayasa mengikuti geladi bersih upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri di Istana Negara, Jakarta. Geladi bersih dihadiri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto.

Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI Letkol Sus Aidil mengatakan, Praspa TNI-Polri merupakan acara prosesi penyumpahan dan pelantikan kepada Capaja TNI-Polri. Pada tahun ini sebanyak 750 Capaja yang akan dilantik Presiden Joko Widodo.

“Upacara pengambilan sumpah dan pelantikan akan dilaksanakan pada 14 Juli 2020 secara video conference (Vicon) dari Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo,” kata Adil, melalui keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Pelantikan ini berbeda dari sebelumnya. Pada tahun-tahun terdahulu sebelum pandemi Covid-19, seluruh Capaja TNI-Polri hadir di Istana. Namun, saat ini pelantikan berlangsung daring.

Kendati demikian, delapan orang perwakilan Capaja dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri akan hadir secara fisik untuk dilantik Kepala Negara. Dari delapan orang ini, empat merupakan lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa di masing-masing akademi.

“Empat Capaja lainnya dari perwakilan agama yaitu Islam, Katolik, Protestan dan Hindu,” kata Aidil.

Empat Capaja terbaik peraih Adhimakayasa dari tiap-tiap Akademi Angkatan dan Kepolisian yaitu Angga Andhika Yudha (Akmil), Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahadika (Akpol).

Sedangkan empat Capaja perwakilan penyumpahan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian yaitu Yusuf Hanafi dari Akmil (Islam), Yohana Bernadeta Winda Sekar Ayu Armanda dari AAL (Katholik), Maichel Triantonov dari AAU (Protestan), dan Luh Ayu Gitavira Sarasvati dari Akpol (Hindu).

Editor : Zen Teguh