Bantu Penanganan Covid-19, Kemenag Siapkan Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi

Binti Mufarida · Kamis, 21 Januari 2021 - 17:27:00 WIB
Bantu Penanganan Covid-19, Kemenag Siapkan Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Oman Fathurahman mengecek Asrama Haji (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan asrama haji di seluruh provinsi sebagai alternatif pilihan tempat karantina atau isolasi terpusat bagi pasien Covid-19. Sejumlah persiapan sudah dlakukan.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Oman Fathurahman mengatakan hal ini sebagai bagian dari bentuk peran aktif Kemenag dalam upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan Covid-19.

Menurut Oman, Kementerian Agama telah memberikan persetujuan penggunaan asrama haji sebagai pilihan karantina sejak 1 April 2020. Sejak saat itu, sudah ribuan pasien yang menjalani proses karantina di asrama haji. 

“Untuk saat ini tercatat ada 677 pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di beberapa asrama haji di Indonesia,” kata Oman di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Dijelaskan Oman, selama sepuluh hari penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), angka kasus positif Covid-19 terus melonjak. Berdasarkan data Satgas Covid-19, terhitung sejak PPKM diterapkan pada 11 hingga 20 Januari 2021, total kasus positif yang teridentifikasi mencapai 111.922. Artinya, rata-rata penambahan dalam sehari berkisar 11.192 kasus. 

“Kami berharap penyiapan asrama haji sebagai tempat isolasi terpusat atau karantina bisa ikut membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19,” katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2