Baru 36.595 Personel, Penerimaan Polwan Diprioritaskan Tahun Depan

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 27 Desember 2018 - 16:24 WIB
Baru 36.595 Personel, Penerimaan Polwan Diprioritaskan Tahun Depan

Ilustrasi polisi wanita (polwan) (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyoroti jumlah personel (polisi wanita) polwan yang jauh lebih sedikit dibanding polisi laki-laki. Mantan Kapolda Metro Jaya itu ingin penerimaan polwan tahun depan menjadi prioritas jajaran Polri. 

“Perlu ada peningkatan rekrutmen polwan. Maka, prinsip equality dan Indonesia banyak didominasi oleh wanita. Ini akan bisa lebih baik,” kata Tito di Mabes Polri, Kamis (27/12/2018).

Menurut dia, polwan memiliki porsi kerja yang hampir sama dengan polisi pria. Bahkan, dalam setiap proses hukum, kehadiran polwan sangat dibutuhkan. Sementara, kata Tito, jumlah polwan di Indonesia baru 36.595 orang atau 8,3 persen dari total polisi sebanyak 443.379 pada 2018.

“Saya belum puas dengan angka. Ini belum menggambarkan prinsip equality emansipasi,” ucap Tito.

BACA JUGA: Kapolri Jenderal Tito: Kasus Terorisme Meningkat Sepanjang 2018

Dia menuturkan, peran polwan bisa mendekatkan diri kepada saksi atau tersangka yang tengah menjalani proses hukum. Selain itu, angka korupsi yang dilakukan polwan lebih sedikit dibanding polisi laki-laki.

“Paling utama dekat kepada saksi maupun korban, apalagi pada saat tersangka wanita. Polwan juga lebih kebal terhadap budaya koruptif,” tutur Tito.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto