Bawaslu Ingatkan Penyelenggaraan Pilkada Harus Disiplin Protokol Kesehatan

Felldy Utama ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 13:07:00 WIB
Bawaslu Ingatkan Penyelenggaraan Pilkada Harus Disiplin Protokol Kesehatan
Ketua Bawaslu Abhan (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan berharap penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 ini tidak menjadi klaster baru dari penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia.

Hal itu dia ungkapkan dalam acara penandatangan nota kesepahaman antara Bawaslu dan Kemenkes tentang dukungan pemeriksaan bagi petugas pengawas Pemilu.

"Kita tentu berharap bahwa Pilkada di tengah pandemi ini tidak memunculkan kluster baru, kluster baru di penyelenggara, di KPU maupun Bawaslu," kata Abhan dalam sambutannya, di Kantor Bawaslu RI, Selasa (21/7/2020).

Apalagi, kata dia, penyelenggara pemilu pernah mempunyai pengalaman pahit di penyelenggaraan Pemilu 2019 kemarin. Di mana, lebih dari 700 petugas pemilu yang disebutnya sebagai pahlawan demokrasi yang gugur dalam menjalankan tugasnya.

"Tentu itu menjadi pengalaman dan agar tidak terulang di dalam tahapan pemilihan Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Abhan pun meyampaikan bahwa Pilkada serentak yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 ini akan digelar di 270 daerah. Bahkan, berdasarkan catatannya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan sekitar 317.000

Oleh karena itu, angka ini juga harus menjadi perhatian bersama bagi penyelenggara pemilu maupun pemerintah. Mengingat, petugas yang akan dikerahkan angkanya akan jauh lebih besar dari jumlah tersebut.

"Maka tentu ini yang harus menjadi konsentrasi kita, harus mengutamakan perlindungan kesehatan mereka, seluruh jajaran penyelenggara dari pusat maupun daerah," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq