Bawaslu Putuskan KPU Langgar Tata Cara dan Prosedur Input Data Situng

Aditya Pratama ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 10:44 WIB
Bawaslu Putuskan KPU Langgar Tata Cara dan Prosedur Input Data Situng

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membacakan keputusan tentang Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbukti bersalah melanggar tata cara serta prosedur input data Sistem Informasi dan Penghitungan Suara (Situng), Jakarta, Kamis (16/5/2019). (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama)..

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersalah karena melanggar tata cara serta prosedur input data Sistem Informasi dan Penghitungan Suara (Situng). Keputusan tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Bawaslu, Abhan pada sidang putusan dugaan pelanggaran administrasi Situng KPU.

"Mengadili, satu, menyatakan KPU terbukti secara sah melanggar tata cara dan prosedur dalam input data Situng," ujar Abhan di ruang sidang Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Bawaslu juga memerintahkan kepada KPU segera memperbaiki tata cara dan prosedur input data Situng. Bawaslu menilai prinsip keterbukaan informasi pada Situng harus dipublikasi dengan data yang valid, terverifikasi dan dapat dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA:

Bawa Bukti, Tim IT BPN Laporkan Kesalahan Situng KPU di 73.715 TPS

Situng KPU 61 Persen: Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi, Selisih 13%

"Memerintahkan KPU untuk memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data sistem informasi pemungutan suara dalam Situng," ucapnya.

Putusan Bawaslu merupakan tindak lanjut laporan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Capres Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Nomor Laporan 007/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019.

Putusan ini juga sudah melalui sidang ajudikasi dan sidang pemeriksaan saksi oleh Bawaslu sebelum memasuki tahapan sidang putusan.


Editor : Kurnia Illahi