Begini Alur Penanganan Pasien Terpapar Corona saat Tiba di RSD Wisma Atlet

Riezky Maulana ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 12:42 WIB
Begini Alur Penanganan Pasien Terpapar Corona saat Tiba di RSD Wisma Atlet

Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet hingga Kamis kemarin telah merawat 208 pasien yang terdiri dari 121 laki-laki dan 87 perempuan. Pasien yang positif terinfeksi virus corona (covid-19) sebanyak 14 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 146 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 48.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kesehatan RSD Wisma Atlet Brigjen TNI Agung Hermawanto memaparkan alur penanganan pasien saat datang di Tower I RSD Wisma Atlet. Pertama, pasien akan dilakukan pemeriksaan atau deteksi dini dari suatu penyakit atau screening sebelum dirawat.

"Kemudian dilakukan triase pertama (pengelompokan pasien berdasarkan penyakit atau tingkat keparahannya)," katanya dalam keterangan persnya di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (27/3/2020).

Agung mengatakan, pengantar pasien juga akan dilakukan pemeriksaan. Namun, pintu masuk pengantar pasien dengan pasien berbeda. "Pengantar pasien jika nantinya di-screening termasuk orang dalam pengawasan akan kami laporkan ke Dinas Kesehatan," ujarnya.

Setelah selesai menjalani perawatan, Agung menuturkan, pasien yang baru tiba tersebut akan dirawat. Jika membutuhkan perawatan intensif, pasien tersebut akan ditempatkan di lantai dua. "Tapi bila tidak perlu intensif, kita tempatkan di hunian lantai 34 dan 32," katanya.

Agung mengungkapkan, masing-masing lantai memiliki 32 unit hunian yang siap digunakan untuk pasien rawat inap. Masing-masing unit berisi dua tempat tidur.

"Masing-masing lantai dilayani tiga perawat, 24 jam ada di lantai tersebut sehingga bila ada keluhan dari pasien diharapkan menghubungi perawat tersebut kemudian diperiksa dan dipanggilkan dokter untuk naik ke lantai tersebut," tuturnya.


Editor : Djibril Muhammad