Belum Setuju RUU Ketahanan Keluarga, Fraksi Gerindra Panggil Kader Pengusul

Antara ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 14:48:00 WIB
Belum Setuju RUU Ketahanan Keluarga, Fraksi Gerindra Panggil Kader Pengusul
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2020 atas usul sejumlah anggota DPR secara perseorangan. Salah satunya nama yang mengusulkan adalah anggota Fraksi Partai Gerindra, Sodik Mujahid.

Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan akan memanggil Sodik terkait usulan RUU Ketahanan Keluarga tersebut. Dasco mengatakan secara kelembagaan Fraksi Gerindra belum menyetujui usul tersebut.

"Pasti kami minta Pak Sodik untuk klarifikasi sebagai pengusul," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Dasco mengatakan tindakan Sodik itu bisa menimbulkan salah persepsi di masyarakat karena sejak awal Fraksi Gerindra belum pernah mengusulkan RUU tersebut. Dia menjelaskan sejumlah anggota Fraksi Gerindra sudah menyatakan keberatannya atas RUU tersebut.

Namun Fraksi Gerindra belum menyampaikan sikap secara kelembagaan. Dasco menjelaskan sejumlah anggota Fraksi Gerindra kini sedang menginventarisasi pasal-pasal mana saja yang menimbulkan polemik di masyarakat berdasarkan masukan ke DPR.

"Fraksi Gerindra tidak bisa menyatakan mencabut dukungan, karena sejak awal secara kelembagaan kami tidak mengusulkan. Kami secara internal sedang membahas RUU tersebut," katanya.

Sebelumnya ditemukan sejumlah pasal kontroversial di dalam RUU Ketahanan Keluarga yang mengundang polemik di masyarakat seperti wajib lapor tentang penyimpangan seksual serta mengatur kewajiban suami dan istri dalam keluarga. Pengusul RUU ini berasal dari unsur perorangan yaitu anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sodik Mujahid; anggota Fraksi Golkar, Endang Maria Astuti; anggota Fraksi PKS, Ledia Hanifa dan Netty Prasetiyani serta anggota Fraksi PAN, Ali Taher Parasong.

Editor : Rizal Bomantama