Benny Tjokro Laporkan Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko ke Polisi terkait Pencemaran Nama Baik

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 24 Februari 2020 - 18:17 WIB
Benny Tjokro Laporkan Dirut Jiwasraya Hexana Tri Sasongko ke Polisi terkait Pencemaran Nama Baik

Pengacara Benny Tjokorosaputro, Muchtar Arifin. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya Benny Tjokrosaputro melaporkan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Hexana dituduh menyampaikan fitnah saat rapat dengar pendapat di DPR tentang korupsi di perusahaan asuransi Jiwasraya.

"Hexana menyatakan kerugian negara dalam bentuk gagal bayar Jiwasraya sekitar Rp13 triliun lebih, itu semuanya sahamnya kepunyaan klien kami. Ini tentu tidak sesuai dengan fakta," kata Pengacara Benny Tjokrosaputro, Muchtar Arifin di Polda Metro Jaya, Senin (24/2/2020).

Dia mengatakan, apa yang dikatakan Hexana tidak benar. Saham yang ada di perusahaan Jiwasraya merupakan kepemilikan berbagai emiten, bukan hanya milik Benny.

"Ini tentu tidak sesuai dengan fakta. Kami anggap ini merupakan fitnah yang merugikan juga nama baik dari klien kami karena tidak seperti itu," ujarnya.

Dia menduga pernyataan Hexana dalam rapat bersama Panja bertujuan agar seluruh kerugian perusahaan ditutupi dengan aset Benny.

Tidak hanya Hexana, Benny Tjokrosaputro mengatakan pihaknya juga akan melaporkan Sekretaris PT Asuransi Jiwasraya Budiono. Laporan diterima dengan nomor laporan LP/1250/II/YAN2.5/2020/SPKT PMJ tertanggal 24 Februari 2020 dengan pelapor bernama Safriadi yang berprofesi sebagai advokat.

Saat membuat laporan polisi itu, Muchtar membawa bukti-bukti yang cukup. Bukti yang dibawa berisi keterangan-keterangan yang disampaikan Dirut Jiwasraya di media massa terkait kasus yang dilaporkan ini.

"Pasal 311, 317 KUHP. Ada juga menyangkut UU ITE, itu nanti penyidik yang akan mengumpukan bukti, kita lihat saja nanti," ujar Muchtar.

Kejagung menetapkan enam tersangka yakni Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat, Komisaris Utama PT Hanson Internasional Tbk Benny Tjokrosaputro, mantan Direktur Utama PT Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan Direktur Keuangan PT Jiwasraya (Persero) Hary Prasetyo, mantan Kepala Divisi Investasi Jiwasraya Syahmirwan, dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto.

Editor : Djibril Muhammad