Bertemu Menhan Se-ASEAN dan China, Prabowo Optimistis Sengketa Laut China Selatan Segera Selesai

Riezky Maulana ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 08:59:00 WIB
Bertemu Menhan Se-ASEAN dan China, Prabowo Optimistis Sengketa Laut China Selatan Segera Selesai
Menhan Prabowo Subianto saat mengikuti "ASEAN-China Defence Ministers, Informal Meeting (ADMM)" bersama Menhan China, Wei Fenghe secara virtual, Selasa (15/6/2021). (Foto: Kemhan)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengikuti "ASEAN-China Defence Ministers, Informal Meeting (ADMM)" bersama Menhan China, Wei Fenghe secara virtual, Selasa (15/6/2021). Prabowo mengaku optimistis dialog antara negara-negara ASEAN dan China dapat menyelesaikan permasalahan di kawasan termasuk soal sengketa Laut China Selatan.

ASEAN dan China, kata Prabowo diharapkan segera melanjutkan pembahasan Code of the Conduct (CoC) yang efektif dan substantif.

"Dialog dan konsultasi dengan kepercayaan dan keyakinan bersama dapat menyelesaikan semua masalah di kawasan termasuk permasalahan Laut China Selatan," kata Prabowo yang dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).

Pertemuan ini merupakan pertemuan ke-12 dengan agenda membahas perkembangan kerja sama pertahanan ASEAN-China yang sudah terjalin dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Menurut dia, hubungan Dialog ASEAN-China selama tiga dasawarsa telah terjalin baik dan terus berkembang termasuk di bidang pertahanan.

"Forum Think Tank Strategis ASEAN-China, Pertukaran Perwira Muda ASEAN-China, dan Latihan Maritim ASEAN-China adalah beberapa bidang kerja sama yang telah menghasilkan manfaat bagi langkah-langkah pembangunan kepercayaan dan peningkatan kapasitas dan kemampuan ASEAN dan China di bidang pertahanan," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2