Besok, Polisi Umumkan Hasil Investigasi Mati Listrik di DKI, Banten, dan Jabar

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 15 Agustus 2019 - 23:08 WIB
Besok, Polisi Umumkan Hasil Investigasi Mati Listrik di DKI, Banten, dan Jabar

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Mabes Polri bakal merilis hasil investigasi sementara terkait mati listrik massal di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang terjadi pada 4 Agustus lalu. Rilis tersebut rencananya disampaikan pada Jumat (15/8/2019) besok.

“Besok akan disampaikan. Ada perlu dua titik yang didalami. Ada di Pemalang, Jawa Tengah dan di Jakarta,” kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Dia menuturkan, hasil investigasi tersebut seharusnya disampaikan pihaknya pada hari ini. Namun, karena tim Polri masih perlu menyelidiki secara lengkap fakta di lapangan, pengumuman hasil penyelidikan itu akan diumumkan besok.

“Diupayakan pemeriksaan selesai hari ini sehingga besok bisa disampaikan diagnosa awal tentang dugaan awal faktor penyebab awal blackout (padam massal),” ujar Dedi.

BACA JUGA: Kabareskrim Polri: Ada Kemungkinan Blackout PLN akibat Kejahatan Siber

Polri terus mendalami kasus pemadaman listrik masalah oleh PT PLN (Persero) yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019, dengan melakukan pemeriksaan sejumlah saksi. Pada Jumat (9/8/2019) lalu, polisi telah memeriksa sebanyak 20 saksi. Pemeriksaan dilakukan oleh tim dari Polda Jawa Tengah yang berkolaborasi dengan tim siber dari Pusat Laborotorium Forensik (Puslabfor).

Matinya listrik secara serentak di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten, pada 4 Agustus lalu terjadi hampir 12 jam. Pemadaman berawal dari gangguan pada saluran udara tegangan ekstratinggi 500 kV Ungaran-Pemalang, Jawa Tengah. Selain itu, terjadi gangguan pada gas turbin 1-6 di Suralaya dan di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Cilegon, Banten.


Editor : Ahmad Islamy Jamil