Bikin Koalisi Indonesia Bersatu Bareng Golkar dan PPP, Ini Penjelasan PAN

Carlos Roy Fajarta · Senin, 16 Mei 2022 - 12:49:00 WIB
Bikin Koalisi Indonesia Bersatu Bareng Golkar dan PPP, Ini Penjelasan PAN
Ketua DPP PAN, Saleh Daulay menjelaskan tujuan partainya membentuk Koalisi Indonesia Bersatu bersama Partai Golkar dan PPP. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Partai Amanat Nasional (PAN) membentuk Koalisi Indonesia Bersatu bersama Partai Golkar dan PPP. Dua politikus PAN pun memberikan penjelasan.

Ketua DPP PAN, Saleh Daulay menyebutkan koalisi tersebut dibentuk memandang dan melihat prospek politik Indonesia lebih baik ke depan.

"Pemikiran dan gagasan ini diharapkan menjadi rujukan dalam pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kita sebagai kekuatan politik sehingga periode kedua bisa berjalan dengan baik," ujar Saleh Daulay, Senin (16/5/2022).

Dia mengungkapkan sebagai kekuatan politik, masing-masing parpol melakukan konsolidasi internal terutama dalam pendaftaran Pemilu 2024 yang akan dimulai Agustus 2022. Termasuk verifikasi partai politik yang akan dijalankan semua parpol.

"Koalisi ini juga disiapkan untuk menyiapkan capres dan cawapres dalam Pilpres 2024 mendatang. Capres dan cawapres belum diusung atau dibicarakan secara khusus, karena Pemilu masih lama," ucap Saleh Daulay.

Apalagi kata Saleh untuk pendaftaran nama dari pasangan capres dan cawapres baru dilaksanakan sesuai jadwal dan tahapan Pemilu 2024 pada September 2023 mendatang.

"Pendaftaran nama itu September 2023. Jadi masih ada cukup waktu. Kita bisa mengusung nama yang ada dan memenangkan nya di Pemilu 2024," tutur Saleh Daulay.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda menyebut partainya perlu menyiapkan Pemilu 2024 menjadi pesta demokrasi yang betul-betul berdampak positif untuk kesejahteraan rakyat. 

"Ini harus menjadi pesta menggembirakan, yang menggairahkan. Pesta gagasan, pesta narasi kebangsaan. Rakyat bangsa ini dengan konduktornya partai partai tampil dengan gagasan memajukan bangsa ini, menjamin kesejahteraan, menciptakan peluang unt maju dan berkembang seluruh potensi anak bangsa," kata Oman Rohman.

Dia berharap dengan keberadaan koalisi tersebut semakin banyak anak muda yang bergabung dalam partai politik dan berjuang bersama untuk Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

"Meninggikan derajat kemanusiaan secara nasional dan meninggikan derajat dalam pergaulan internasional. Gagasan mencerdasakan dan menyiapkan generasi  muda untuk dapat bersaing dikancah internasional dengan karakter terbaik maupun pengelolaan seluruh sumber daya alam dan budaya untuk kepentingan nasional," tuturnya.

Dia yakin partai politik lainnya akan segera bersikap dan optimistis akan ada partai politik lainnya yang turut bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu bentukan Golkar, PAN, dan PPP.

"Dengan menampilkan gagasan dan nilai terbaik untuk kemajuan seluruh anak bangsa, kami optimistis akan ada partai lain yang bergabung dengan koalisi," ucap Oman Rohman.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: