Birama 2/4 dan Jenis-jenisnya Lengkap dengan Pengertian Hingga Contoh Lagunya

Kezia Veronica Corne · Sabtu, 20 Agustus 2022 - 12:06:00 WIB
Birama 2/4 dan Jenis-jenisnya Lengkap dengan Pengertian Hingga Contoh Lagunya
Ilustrasi Birama 2/4

JAKARTA, iNews.idBirama 2/4 merupakan salah satu jenis birama yang biasa dipakai dalam banyak lagu. Biasanya birama dituliskan dalam bentuk angka pecahan seperti 2/4, 3/4 dan seterusnya.

Tanpa adanya birama, maka suatu lagu yang tercipta tidak akan teratur ketukan beatnya. Lantas, apa itu birama? Apa saja jenisnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Birama

Dikutip dari buku `Konsep Dasar Seni Musik` oleh Andika Ahmad, pengertian birama dalam notasi balok adalah bagian atau segmen dari suatu baris melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut. Sedangkan secara etimologi, birama disebut juga sebagai ketukan yang datang secara berulang-ulang dengan teratur dalam waktu sama pada musik dengan penulisan dibatasi garis-garis vertikal.

Satu ruas birama ditunjukkan oleh batas-batas garis vertikal yang disebut dengan garis birama. Hal ini terlihat dalam musik diatonis.

Dalam tangga nada diatonis, petak-petak yang dibatasi garis birama disebut ruas birama. Tiap birama dalam musik mempunyai tekanan suara yang teratur yang disebut dengan arsis dan aksen. Arsis adalah birama yang ringan, sedangkan ksen adalah birama yang kuat.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda