BMKG Deteksi Siklon Tropis Flamboyan, Waspadai Cuaca Buruk

Felldy Utama ยท Minggu, 29 April 2018 - 04:25 WIB
BMKG Deteksi Siklon Tropis Flamboyan, Waspadai Cuaca Buruk

Sejumlah perahu tertambat di pesisir laut Tuban, Jawa Timur. Nelayan tak melaut karena cuaca buruk beberapa hari terakhir. (Foto: iNews.id/Zen Teguh)

JAKARTA, iNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi bibit siklon tropis Flamboyan di Samudera Hindia sebelat barat daya Sumatera. Siklon tropis Flamboyan berpotensi memunculkan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia.

”Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Andaman. Konvergensi terbentuk memanjang dari Kalimantan Timur hingga perairan utara di Samudera Barat Hindia Bengkulu dan dari perairan utara Sulawesi Utara hingga utara perairan Kalimantan Barat,” bunyi siaran pers BMKG, Minggu (29/4/2018).

Atas terdeteksinya siklon tropis Flamboyan, BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan. BMKG menyatakan cuaca buruk bisa berlangsung hingga Senin (30/4).

Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat pada hari ini adalah Aceh, Sumatera Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara bagian utara, Gorontalo, Maluku bagian timur, dan Papua Barat.

Sedangkan wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Minggu ini, yaitu Jambi, Banten, DIY, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Adapun pada Senin, 30 April 2018, diperkirakan terjadi di Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan Papua bagian utara.

Selain hujan lebat, BMKG juga mengingatkan potensi terjadinya gelombang tinggi di Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu hingga Selatan Jawa. ”Ketinggian gelombang hingga 2,5 meter,” kata BMKG.

Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko mengungkapkan, BMKG berencana menggelar jumpa pers pagi ini untuk menjelaskan kehadiran siklon tropis Flamboyan dan dampaknya. Keterangan pers akan dilangsungkan di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.00 WIB. 

Editor : Haryo Jati Waseso