BMKG Prediksi Siklon Tropis Surigae Akan Jadi Topan, Masyarakat Diimbau Waspada

iNews ยท Rabu, 14 April 2021 - 13:46:00 WIB
BMKG Prediksi Siklon Tropis Surigae Akan Jadi Topan, Masyarakat Diimbau Waspada
Bibit Siklon Tropis 94W (lingkaran biru) di Samudera Pasifik utara Papua kini berkembang menjadi Siklon Tropis Surigae dan diprediksi menjadi topan. (Sumber: BMKG)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut saat ini bibit Siklon Tropis 94W di utara Papua telah berkembang menjadi Siklon Tropis Surigae. Siklon tropis ini bergerak dari utara Papua ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

Dwikorita menerangkan siklon atau badai tropis ini diperkirakan akan berkembang menjadi badai tropis kuat (STS) dan bahkan typhoon (TY) atau topan pada tanggal 16 April 2021.

"Saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah utara Sulawesi dan sekitarnya berkisar 8-20 knot," ucap Dwikorita di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (14/4).

Dwikorita mengimbau masyarakat di Indonesia untuk waspada dan tetap berhati-hati dengan potensi angin kencang dan hujan lebat sebagai dampak hadirnya siklon tropis tersebut. Dia juga mengimbau masyarakat waspada dampak lanjutannya seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2