BNPB Sebut Ada 2 Pemicu Tsunami di Wilayah Selatan Jawa

Binti Mufarida · Sabtu, 05 Desember 2020 - 18:42:00 WIB
BNPB Sebut Ada 2 Pemicu Tsunami di Wilayah Selatan Jawa
Ilustrasi tsunami. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut masih ada dua potensi besar yang kemudian dapat memicu munculnya tsunami di wilayah Selatan Jawa di masa depan. Khususnya yang dapat berdampak pada wilayah Kabupaten Cilacap.

Pelaksana Tugas Direktur Pemetaan dan Risiko Bencana BNPB, Abdul Muhari mengatakan hal itu berdasarkan kajian pasca tsunami Pangandaran 2006. 

Adapun potensi pertama adalah zona patahan dari wilayah selatan Banten hingga Pangandaran, yang mana menurut Muhari dapat berpotensi memicu gempa dasar laut dengan kekuatan hingga magnitudo 8,8.

“Apabila periode gempa dasar laut tersebut berlangsung hingga 30-60 detik, maka hal itu dapat dipastikan akan memicu terjadinya gelombang tsunami hingga setinggi 5 meter,” kata Muhari di Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (5/12/2020).

Kemudian potensi kedua menurut Muhari adalah gempa dasar laut dengan kekuatan hingga magnitudo 8,9 dengan episentrum di wilayah selatan Yogyakarta hingga Pacitan. Maka daerah Kulonprogo, Kebumen, Purworejo hingga Cilacap dapat terdampak gelombang tsunami.

“Yang sebelah barat di selatan Banten itu 8,8 (magnitudo), yang di sebelah timur ini (magnitudonya) 8,9,” kata Muhari.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq