Boeing dan NTSB Kunjungi Pulau Lancang, Ikut Cari Memori CVR Sriwijaya Air SJ 182

Giri Hartomo ยท Selasa, 26 Januari 2021 - 18:10:00 WIB
Boeing dan NTSB Kunjungi Pulau Lancang, Ikut Cari Memori CVR Sriwijaya Air SJ 182
Tim dari Boeing dan NTSB AS ikut melakukan pencarian memori CVR Sriwijaya Air SJ 182 di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pencarian memori Cockpit Voice Recorder CVR) pesawat jatuh Sriwijaya Air SJ 182 masih dilakukan meski operasi SAR resmi dihentikan. Bahkan, tim dari Boeing dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (National Transportation Safety Board/NTSB) Amerika Serikat (AS) ikut dalam operasi pencarian.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kementerian Perhubungan mengonfirmasi tim Boeing bersama dengan NTSB ikut dalam peninjauan ke Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Tinjauan ini untuk menindaklanjuti investigasi pencarian memori CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ 182. 

"Benar (tim dari Boeing ikut meninjau langsung Pulau Lancang buat investigasi CVR Sriwijaya Air SJ-182)," ujar Investigator KNKT, Ony Soerjo Wibowo saat dihubungi, Selasa (26/1/2021).

Hanya saja, Ony belum bisa menyebutkan secara rinci sejak dan hingga kapan tim dari Boeing dan NTSB akan ada di Indonesia. Selain itu, Ony juga tak mengatakan apa saja hasil diskusi serta investigasi yang dilakukan antara KNKT dan dan tim Boeing serta NTSB. 

Ony juga belum bisa menjelaskan ketika ditanya mengenai keterlibatan Boeing dan NTSB dalam proses investigasi Flight Data Recorder (FDR) Pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Menurutnya tim investigasi masih berada di tengah laut. 

"Mohon maaf saya masih di laut," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2