BPIP : Perkembangan Medsos Tantangan untuk Membumikan Pancasila

Felldy Utama · Kamis, 10 September 2020 - 20:22:00 WIB
BPIP : Perkembangan Medsos Tantangan untuk Membumikan Pancasila
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Perkembangan media sosial (medsos) dinilai menjadi salah satu tantangan untuk membumikan Pancasila dalam semua lini kehidupan sehari-hari. Apalagi, kekuatan teknologi informasi saat ini semakin pesat.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, medsos sangat berperan untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila.

"Saya ingin mengingatkan lagi situasi kita hari ini berbeda dengan beberapa waktu lalu karena pengaruh medsos," ujar Yudian dalam acara simposium nasional tentang Studi dan Relasi Lintas Agama Berparadigma Pancasila yang dilaksanakan oleh BPIP bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin, Serang, Banten, Kamis (10/9/2020).

Dia berharap adanya acara simposium nasional ini, para sivitas akademika bisa menyumbangkan ide serta gagasannya tentang bagaimana Pancasila bisa sampai ke semua lini kehidupan sehari-hari.

"Karena pengaruh medsos, tantangan kita juga akan bertambah. Nah di situlah nanti mampu melahirkan kiat-kiat, cara-cara untuk membumikan Pancasila ke semua lini kehidupan," ucapnya.

Menurutnya, cara membumikan Pancasila berbeda-beda. Tergantung kepada siapa pengenalan nilai-nilai Pancasila itu disampaikan.

"Untuk anak SD seperti apa, SMP seperti apa, SMA seperti apa, perguruan tinggi seperti apa, nanti juga termasuk untuk para pejabat seperti apa," tuturnya.

Editor : Kurnia Illahi