BPN Akan Laporkan Ribuan Kesalahan Input Data Suara di Situng KPU

Felldy Utama ยท Selasa, 30 April 2019 - 15:54 WIB
BPN Akan Laporkan Ribuan Kesalahan Input Data Suara di Situng KPU

Ilustrasi, sistem aplikasi penghitungan suara (situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Relawan IT (teknologi informasi) Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi akan melaporkan ribuan kesalahan input data dalam sistem aplikasi penghitungan suara (situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rencananya laporan diserahkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan KPU, Kamis (2/4/2019).

Koordinator Relawan IT BPN Prabowo-Sandi, Mustofa Nahrawardaya berharap Bawaslu dan pihak terkait bisa mengkaji dan mengambil tindakan konkret. Sampai saat ini BPN masih mengaudit manual sebagai kelengkapan berkas laporan.

“Semula kami berencana akan melaporkan temuan ini  Rabu 1 Mei, tapi karena Rabu hari libur Mayday, Insya Allah hari Kamis 2 Mei kami akan ke Bawaslu dan KPU,” ujar Mustofa, di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Sehari sebelumnya, BPN sudah menggelar hasil audit manual terhadap aplikasi Situng KPU. Dalam waktu tiga hari ( 27-29 April) mereka menemukan  9.440 kesalahan input.

Kesalahan itu meliputi selisih suara, jumlah pemilih melebihi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan jumlah suara sah tidak cocok dengan total suara. Kesalahan terbanyak pada input data dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Setiap hari kami menemukan lebih dari 1.000 kesalahan. Polanya sangat konsisten,” ucapnya.

Dia menuturkan, tim relawan IT BPN terus melakukan audit manual dan diharapkan publik akan mendapat update data  setiap hari. Dari data tersebut publik akan mendapat gambaran secara faktual dan berdasarkan data  adanya kecurigaan terjadi kecurangan bersifat terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

“Setiap hari Insya Allah kami akan menyerahkan ke KPU dan Bawaslu sekalipun tidak diminta,” tuturnya.


Editor : Kurnia Illahi