BPN Prabowo-Sandi Kecewa KPU Batalkan Agenda Pemaparan Visi Misi Calon

Antara ยท Sabtu, 05 Januari 2019 - 11:57:00 WIB
BPN Prabowo-Sandi Kecewa KPU Batalkan Agenda Pemaparan Visi Misi Calon
Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatalkan agenda pemaparan visi dan misi pasangan capres dan cawapres pada (9/1/2019). Keputusan KPU sangat mengecewakan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said mengatakan, keputusan KPU itu diambil karena kubu Jokowi-Ma'ruf Amin bersikeras agar paparan cukup disampaikan timses masing-masing, bukan lansung oleh pasangan calon (paslon).

"Seharusnya KPU tetap menggelar paparan visi dan misi calon sebelum debat paslon diselenggarakan," ujar Sudirman, Jakarta, Sabtu (5/1/2019).

Menurutnya, visi dan misi pasangan calon perlu disampaikan langsung agar masyarakat tahu sejauh mana paslon memahami segala permasalahan bangsa yang terjadi. Masyarakat juga ingin mengetahui sejauh mana paslon memahami masalah bangsa.

"Tentunya masyarakat berhak mendapat informasi langsung dari paslon. Bagaimana cara paslon mengentaskan segala masalah yang terjadi di bangsa ini perlu disampaikan," ucapnya.

Dia menambahkan, pemaparan visi dan misi paslon perlu dilakukan, sehingga ketika debat capres berlangsung, kedua paslon hanya tinggal memberikan pendalaman atas visi dan misi tersebut.

"Jadi ketika debat capres, paslon to the point atas apa yang menjadi visi dan misinya. Bukan debat kusir atau berangan-angan yang membuat masyarakat kesulitan menagih janjinya ketika terpilih nanti," katanya.

Berbeda dengan Jokowi-Ma'ruf Amin, kubu Prabowo-Sandi berharap agar visi dan misi dapat disampaikan langsung oleh paslon dan timses. Alotnya perbedaan pendapat itu KPU kemudian menghilangkan agenda pemaparan visi dan misi yang sedianya digelar sebelum debat capres 2019.

Editor : Kurnia Illahi