BPOM : Sudah Saatnya Indonesia Mandiri dalam Bahan Baku Obat

Dimas Choirul ยท Senin, 29 Agustus 2022 - 06:52:00 WIB
BPOM : Sudah Saatnya Indonesia Mandiri dalam Bahan Baku Obat
Kepala BPOM Penny Lukito (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut sudah saatnya Indonesia mandiri dalam bahan baku obat karena didukung kekayaan sumber daya alam, maritim, dan biodiversity. Namun saat ini industri farmasi masih mengandalkan obat-obatan impor.

"Namun hingga saat ini, industri farmasi Indonesia masih bergantung pada bahan baku dan obat impor, khususnya untuk obat yang diproduksi dengan teknologi tinggi (advanced technology)," kata Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito dalam keterangannya dikutip Minggu (28/8/2022).

Dia mengatakan, Indonesia masih menjadi pengguna hasil inovasi dari negara lain dan belum menjadi inventor. Hal itu karena industri farmasi Indonesia belum menjadikan riset sebagai basis dalam pengembangan bisnis.

“Pandemi Covid-19 menjadi momentum dalam mendorong banyaknya inisiatif penelitian dan pengembangan, baik obat maupun vaksin, yang bertujuan untuk pengobatan dan pencegahan terhadap penyebaran penyakit Covid-19,” paparnya.

Penny mengatakan, seluruh penelitian dan pengembangan tersebut perlu didukung agar produk hasil riset dapat dikomersilkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Dalam hal ini, BPOM sebagai regulator di bidang obat selalu mengawal pengembangan obat dan vaksin dalam rangka pemenuhan standar dan mutu.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda