Cara TNI Rekrut Anggota Kopassus sebagai Prajurit Terbaik Antiteror, IQ Harus di Atas 110

Pratitis Nur Kanariyati ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 13:33:00 WIB
Cara TNI Rekrut Anggota Kopassus sebagai Prajurit Terbaik Antiteror, IQ Harus di Atas 110
Cara TNI rekrut anggota Kopassus sebagai prajurit terbaik antiteror. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Kopassus (Komando Pasukan Khusus) dikenal sebagai satuan komando tempur terbaik di tubuh TNI Angkatan Darat (AD). Prajurit Kopassus memiliki kemampuan khusus gerak cepat dalam menembak, pengintaian serta antiteror.

Salah satu satuan Kopassus yang memiliki kemampuan antiteror yaitu Detasemen Khusus 81 atau disebut juga Sat-81. Pasukan ini bergerak dalam unit kecil dengan durasi penyelesaian singkat dalam menanggulangi serangan teroris, sesuai slogannya yaitu "tidak diketahui, tidak terdengar, dan tidak terlihat".

Seorang prajurit yang tergabung dalam Sat-81 Kopassus dituntut mampu melaksanakan pembebasan sandera. Pasalnya, prajurit yang tergabung dalam satuan ini memiliki spesialisasi kemampuan khusus operasi antiteror dan mahir menggunakan berbagai jenis senjata. 

Berdasarkan buku "Kopassus untuk Indonesia" yang ditulis oleh Iwan Santosa dan EA Natanegara, sedikitnya ada empat tes yang harus dilalui dalam seleksi masuk sebagai anggota Sat-81 Kopassus. Proses rekrutmen ini dimulai sejak seorang prajurit selesai mengikuti pendidikan Para dan Komando di Batujajar, Jawa Barat. 

Setelah lulus dari pendidikan tersebut, prajurit ditempatkan di satuan tempur Grup 1 dan Grup 2 untuk mendapat orientasi pengalaman operasi. Prajurit yang ingin bergabung dengan satuan Sat-81 harus melewati beberapa tahapan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Berikut tahapannya:

1. Mengikuti tes psikologi dengan hasil IQ harus di atas rata-rata 110.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: