Catat! Ini Daftar Nomor Call Center Transportasi dan Tol selama Nataru, Wajib Disimpan
JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkolaborasi dengan pemerintah daerah, operator transportasi, aparat penegak hukum, BMKG, Basarnas, serta pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan perjalanan masyarakat selama masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) selamat, aman, dan lancar. Sejumlah call center disiapkan untuk memastikan momen mudik dan liburan masyarakat berjalan aman.
Adapun posko pusat beroperasi selama 24 jam mulai dari 18 Desember 2025 hingga 5 Januari 2026. Posko ini berfungsi sebagai pusat koordinasi nasional untuk memantau dinamika transportasi dan merespon potensi gangguan secara cepat.
Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Ernita Titis Dewi mengatakan, seiring dengan potensi peningkatan curah hujan dan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, pihaknya mengajak masyarakat untuk aktif memantau perkembangan cuaca dan menyesuaikan rencana perjalanan. Koordinasi dengan instansi terkait terus dilakukan guna mengantisipasi potensi gangguan transportasi akibat faktor alam.
"Bagi masyarakat yang sedang bepergian dan berlibur, kami imbau untuk selalu berhati-hati, perbaharui informasi terutama mengenai cuaca dan kepadatan melalui nomor-nomor darurat yang tersedia maupun media sosial, serta selalu patuhi arahan petugas di lapangan," ujar Ernita dalam keterangannya, Sabtu (27/12/2025).
Sementara bagi masyarakat yang membutuhkan informasi selama perjalanan, dapat menghubungi call center berikut:
1. Jabodetabek, Purwakarta-Bandung–Cileunyi: 14080
2. Jakarta–Tangerang: 021 – 5575 3904
3. Tangerang–Merak: 021 – 5575 3904
4. Palimanan–Kanci: 023 – 1484 268
5. Pejagan–Pemalang: 0283 – 4511 000
6. Semarang: 024 – 7607 777
7. Semarang–Bawen: 024 – 7691 1505
8. Solo–Ngawi: 0271 – 6882 222
9. Gempol–Pasuruan: 0343 – 6431 177
10. Jalur mudik 24 jam WA: 0822 8885 8884
11. Jalur mudik 24 jam: 158
12. Jasa Marga 24 jam: 14080
13. Informasi jalan tol: 0813 8006 8000