Cegah Barang Bukti Dicuri, KPK Akan Lakukan Rotasi dan Pembenahan 

Puteranegara Batubara · Sabtu, 10 April 2021 - 13:23:00 WIB
Cegah Barang Bukti Dicuri, KPK Akan Lakukan Rotasi dan Pembenahan 
Ilustrasi, Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto:Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bakal melakukan rotasi dan pembenahan untuk menghindari kejadian pencurian barang bukti kasus korupsi kembali terulang. Hal ini menyusul pegawai KPK berinisial IGAS kedapatan mencuri barang bukti (barbuk) emas batangan 1,9 Kg kasus suap yang menjerat mantan pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yaya Purnomo. 

"Oleh karena itu kami akan kemudian melakukan perbaikan akan merotasi, maksudnya rotasi apa? rotasi baik personel maupun secara reguler kunci itu agar menggunakan kode kode yang selalu akan secara reguler kami acak kembali," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

Rotasi dan pembenahan, Ghufron menjelaskan, dalam tata kelola alat bukti terdapat pengamanan tiga lapis untuk menuju tersebut. Sebab itu, nantinya akan dilakukan pergantian password yang berganti-ganti. 

"Itu yang akan kami lakukan perbaikan untuk mengakses kepada barang bukti keberangkas kami kami akan melakukan pemutaran artinya supaya passwordnya itu tidak tetap selama satu tahun," ujar Ghufron. 

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2