Cerita Awal Mula Berdirinya TNI

Okezone · Sabtu, 18 September 2021 - 06:07:00 WIB
Cerita Awal Mula Berdirinya TNI
Ilustrasi. Prajurit TNI sempat bernama BKR saat kemerdekaan hingga ABRI saat Orde Baru(Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Awal negara Indonesia berdiri, kekuatan angkatan perang sangat minim. Presiden pertama Soekarno mendirikan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan segala keterbatasan.

Tujuan utamanya mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dari ancaman Belanda yang mau kembali berkuasa menjajah Tanah Air.

Pada awal mulanya, TNI merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Setelah pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan selanjutnya diubah kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Melansir situs TNI, pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, banyak rakyat membentuk laskar-laskar perjuangan atau badan perjuangan rakyat. Pemerintah kala itu menyempurnakan tentara, sambil bertempur dan berjuang untuk menegakkan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah.

Pemerintah mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, karenanya pada tanggal 3 Juni 1947,  sang Proklamator mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Setelah Konferensi Meja Bundar (KMB) pada bulan Desember 1949, Indonesia berubah menjadi negara federasi dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS). Sejalan dengan itu karenanya dihasilkan pula Angkatan Perang RIS (APRIS) yang merupakan gabungan selang TNI dan KNIL. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: