Ma’ruf Amin Ungkap Awal Mula Diajak Presiden Jokowi Jadi Wapres

Binti Mufarida · Sabtu, 24 September 2022 - 09:43:00 WIB
Ma’ruf Amin Ungkap Awal Mula Diajak Presiden Jokowi Jadi Wapres
Wakil Presiden Ma`ruf Amin (foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menceritakan awal mula diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju Pilpres. Ma'ruf menyebut ada proses lobi di baliknya.

Hal ini diungkapkan Wapres saat memberikan sambutan pada Peresmian Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Sahal Mahfudh dan Masjid Baiturrahman di Semarang, Jawa Tengah.

Ma’ruf Amin terlebih dulu menjadi seorang ulama yang akhirnya membawanya menjadi orang nomor dua di negeri ini. Dia mengatakan mengikuti jejak Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Kiai Haji Sahal Mahfudh yang juga menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Saya mengikuti beliau sebagai Rais Am dan dan juga ketua umum MUI, cuman saya disuruh belok oleh Pak Jokowi jadi Wakil Presiden RI, ini belok ini saya ini jalurnya gitu,” kata Wapres dikutip dari Youtube resmi Wakil Presiden, Sabtu (24/9/2022).

Pada kesempatan itu, hadir sejumlah tokoh d iantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Ketua MUI Jawa Tengah Ahmad Darodji.

Wapres mengapresiasi Menteri PUPR Basuki yang telah mengubah masjid-masjid di Indonesia menjadi megah seperti halnya Masjid Istiqlal dan Masjid Baiturrahman. 

“Saya menyampaikan bangga dan apresiasi terutama kepada Menteri Perumahan Rakyat, beliau ini memang tukang membuat masjid bagus, Istiqlal sekarang menjadi ikon dunia, bahkan menjadi pusat berbagai negara melakukan kunjungan-kunjungan di masjid Istiqlal,"tuturnya.

Bahkan, kata Wapres tidak hanya masjid, sejumlah Perguruan Tinggi juga menjadi megah karena tangan dingin Basuki. 

“Dan beberapa masjid yang lain dan juga beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur Unwaha itu juga, dan saya tanya ini, ternyata beliau diam-diam suka salat disini,"katanya.

Wapres pun berharap agar Masjid Baiturrahman bisa menjadi pusat pemberdayaan masyarakat sekitar. 

“Saya berharap setelah masjid ini dibangun, dimakmurkan, tidak hanya tempat salat, tapi tempat berbagai kegiatan keislaman," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda