Cerita Sandiaga Uno Jatuh Bangun Jadi Pengusaha, Klien Pertama Ternyata Dahlan Iskan

Felldy Utama ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 12:43 WIB
Cerita Sandiaga Uno Jatuh Bangun Jadi Pengusaha, Klien Pertama Ternyata Dahlan Iskan

Pengusaha yang juga politikus Partai Gerindra Sandiaga Uno. (Foto: dok. pri).

JAKARTA, iNews.idSandiaga Uno dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses Indonesia. Beberapa kali dia masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes dan Asia Globe.

Jauh sebelum menjadi miliarder, Sandi ternyata pernah merasakan pahitnya membangun bisnis. Dia bahkan pernah berstatus sebagai pengangguran.

Kisah itu dibagikan Sandi melalui akun Instagramnya, Kamis (2/7/2020). Alumnus Wichita State University ini menceritakan perusahaan tempatnya bekerja, NTI Resources Ltd, di Kanada bangkrut dihantam krisis moneter pada 1997.

Di perusahaan tersebut Sandi menjabat executive vice presiden. Dia pun kembali ke Tanah Air.

Selama tiga bulan mantan pegawai Bank Summa ini menjadi pengangguran. Sempat berulang kali mengirimkan lamaran pekerjaan namun ditolak, dia akhirnya terpikir untuk membangun bisnis.

Bukan perkara mudah saat itu. Indonesia juga mengalami krisis. Mencari pekerjaan pun sangat susah. Begitu juga perusahaan penasihan keuangan yang didirikannya, PT Recapital Advisors, harus bekerja keras untuk eksis.

“Di-PHK lalu membuka usaha karena kepepet waktu krisis moneter dan mendapatkan klien pertama yaitu Jawa Pos Group di bidang propertinya. Mendapat kepercayaan dari Pak Dahlan Iskan merupakan awal dari peluang-peluang usaha lain berikutnya,” kata Sandi.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini mengenang betapa sibuknya Dahlan. Sandi bahkan harus mempresentasikan bisnisnya kepada Dahlan di dalam lift. Beruntung dalam waktu singkat dia berhasil meyakinkan.

Dalam perjalanannya, Sandi tidak hanya memiliki Recapital. Dia selanjutnya juga mendirikan perusahaan investasi PT Saratoga Investment. Melalui kedua perusahaan ini Sandi berkibar menjadi pengusaha sukses.

Tak hanya berbisnis, Sandi memutuskan terjun ke dunia politik. Suami dari Nur Asiah Uno ini terpilih sebagai wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan dalam Pilkada DKI 2017. Namun di tengah jalan Sandi mengundurkan diri untuk mengikuti Pilpres 2019, mendampingi capres Prabowo Subianto.

Editor : Zen Teguh