Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Rayakan HUT ke-28, Super Indo Gelar 28th Superindoversary di 4 Kota Besar
Advertisement . Scroll to see content

Contoh Percakapan Customer Service dengan Pelanggan: Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Senin, 18 November 2024 - 21:01:00 WIB
Contoh Percakapan Customer Service dengan Pelanggan: Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen
Contoh Percakapan Customer Service dengan Pelanggan (Foto: Pexels)
Advertisement . Scroll to see content

2. Mendengarkan Keluhan

Catat Informasi Penting: Selama percakapan, catat semua detail penting terkait keluhan, termasuk nama pelanggan, nomor pesanan, dan inti masalah.

Tunjukkan Empati: Ucapkan kalimat yang menunjukkan bahwa Anda memahami perasaan mereka. Misalnya, "Saya mengerti bahwa ini sangat mengecewakan bagi Anda."

3. Meminta Maaf

Segera Minta Maaf: Jika keluhan tersebut disebabkan oleh kesalahan perusahaan, segera minta maaf. Contohnya, "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah terjadi."

4. Menganalisis Masalah

Tanya Pertanyaan Klarifikasi: Untuk memahami lebih dalam tentang masalah yang dihadapi pelanggan, ajukan pertanyaan yang relevan. Misalnya, "Bisakah Anda menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang terjadi?"
Petakan Masalah: Identifikasi apakah ini adalah masalah yang sering terjadi dan apa solusi yang pernah diterapkan sebelumnya.

5. Menawarkan Solusi

Jelaskan Solusi yang Tersedia: Setelah memahami masalahnya, tawarkan solusi konkret. Misalnya, "Kami dapat mengirimkan pengganti produk Anda atau memberikan refund."

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut