Contoh Pidato Singkat tentang Hari Kemerdekaan Indonesia, Cocok untuk Lomba Siswa

Ami Heppy S ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 06:30:00 WIB
Contoh Pidato Singkat tentang Hari Kemerdekaan Indonesia, Cocok untuk Lomba Siswa
Contoh Pidato Singkat tentang Hari Kemerdekaan Indonesia (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Contoh pidato singkat tentang Hari Kemerdekaan Indonesia ini jadi referensi untuk kamu yang sedang mempersiapkan materi untuk lomba 17 Agustus. Masih banyak siswa yang terkadang kesusahan untuk membuat teks pidato tentang Hari Kemerdekaan Indonesia.

Supaya pendengar tidak merasa bosan mendengar pidatomu, maka teks pidato harus dibuat dengan narasi yang singkat.
Jika kamu masih bingung, berikut ini iNews.id telah merangkum beberapa contoh teks pidato singkat tentang Hari Kemerdekaan Indonesia.

Contoh Pidato Singkat tentang Hari Kemerdekaan Indonesia

Contoh 1

Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.
Yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah serta Bapak dan Ibu Guru 
Serta teman-teman yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Tuhan yang maha Esa. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”.

Banyak orang mengatakan bahwa rasa kemerdekaan dimaknai berbeda oleh generasi kita. Katanya generasi kita hanya memaknai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus saja, sebenarnya argumen atau pendapat tersebut kurang tepat.

Karena makna kemerdekaan tidak hanya kita rasakan atau maknai pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga pada semua hari-hari yang kita lalui bersama di negara kita tercinta ini.

Maka, jangan menganggap dan memaknai bahwa kita merdeka hanya pada tanggal 17 Agustus saja. Karena hal tersebut dapat menjatuhkan semangat kemerdekaan NKRI ini.
Oleh karena itu, teman-teman semua marilah kita senantiasa mengingat dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita semua. Jadi kita harus menumbuhkan rasa kemerdekaan itu setiap hari agar kita dapat mempertahankan Negara kita.

Demikian hal yang dapat saya sampaikan pada hari yang berbahagia ini. Semoga di momen Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 ini, bisa menjadi penyemangat untuk kita agar senantiasa menjadi bangsa yang semangat dan pantang menyerah untuk terus berkembang.

Wassalamualaikum wr. wb

Contoh 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan staf karyawan, 
serta teman-teman yang saya kasihi
 
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul pada hari ini tanpa ada halangan suatu apapun untuk mengikuti acara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hari ini pada tanggal 17 Agustus 2022, kita merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-77. Bukan hanya sekadar sebagai seremonial semata, namun saya berharap semoga di momen kemerdekaan ini kita dapat lebih meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada tanah air kita tercinta, Indonesia.
Kita sebagai generasi muda saat ini memiliki peranan penting demi kemajuan negara kita di masa yang akan datang. Kita harus bisa saling memberi motivasi dan membangkitkan semangat para generasi muda untuk melakukan perubahan demi Indonesia yang lebih baik.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda