Contoh Teks Eksplanasi Singkat Lengkap dengan Strukturnya tentang Fenomena Alam

Ami Heppy S · Senin, 08 Agustus 2022 - 22:29:00 WIB
Contoh Teks Eksplanasi Singkat Lengkap dengan Strukturnya tentang Fenomena Alam
Contoh Teks Eksplanasi  (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak contoh teks eksplanasi singkat yang sangat berguna untuk membantu siswa dalam belajar. Diketahui, teks eksplanasi adalah yang berisi penjelasan terkait suatu fenomena atau kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 

Fenomena yang dijelaskan dalam teks eksplanasi ini bisa berupa fenomena alam maupun fenomena sosial. Teks eksplanasi ini banyak menggunakan fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab-akibat. 

Pada umumnya, struktur teks eksplanasi terdiri atas pernyataan umum, urutan peristiwa, dan interpretasi.
Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh teks eksplanasi singkat tentang fenomena alam berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

1. Contoh teks eksplanasi singkat tentang Tanah Longsor

(Pernyataan Umum)

Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Tanah longsor adalah salah satu jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng tersebut.

Tanah longsor sering kali terjadi di daerah pegunungan atau perbukitan, terutama saat musim penghujan. Meski demikian, tidak jarang pula bencana alam ini terjadi di dataran rendah karena adanya faktor lain.

(Urutan Peristiwa/Sebab Akibat)

Peristiwa tanah longsor ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.

Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang mempengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh. Misalnya erosi, lereng dari bebatuan dan tanah yang  diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat,  dan gunung berapi yang menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu. 

(Interpretasi)

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah tanah longsor. Contohnya adalah tidak membuat kolam atau sawah di atas lereng, tidak mendirikan rumah dibawah tebing, jangan menebang pohon di sekitar lereng, jangan memotong tebing secara tegak lurus, dan tidak mendirikan bangunan di sekitar sungai.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda