Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Landa Sejumlah Provinsi Sepekan ke Depan

Binti Mufarida ยท Selasa, 18 Mei 2021 - 11:19:00 WIB
Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Landa Sejumlah Provinsi Sepekan ke Depan
BMKG menyebut cuaca ekstrem masih berpotensi landa sejumlah daerah di Indonesia sepekan ke depan. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem sepekan ke depan pada 18 hingga 24 Mei 2021. Mereka menyebut hujan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi mengguyur sejumlah daerah di Indonesia.

BMKG menyebut angin timuran mulai mendominasi dan menjadi indikator utama wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki musim kemarau. Meski demikian potensi cuaca ekstrem menyertainya.

“Diprakirakan dalam sepekan ke depan angin timuran masih akan sangat dominan akibat dari monson Australia yang juga masih signifikan. Hal ini menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, khususnya bagian selatan, sangat rendah,” tulis BMKG dari laman resminya, Selasa (18/5/2021).

BMKG mengungkapkan aktivitas gelombang Rossby Ekuator dan Kelvin yang diprakirakan masih akan aktif di wilayah Indonesia, khususnya di bagian utara akan meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

“Sementara itu MJO diprakirakan akan berada di kuadran 3 dengan magnitude yang relatif rendah juga akan mendatan potensi pembentukan awan hujan di wilayah pesisir utara Aceh dan Laut Andaman pada akhir pekan nanti,” tuturnya.

Selain itu, BMKG mencatat pola sirkulasi pusaran angin diprakirakan akan terbentuk di wilayah sekitar Laut Andaman dan Laut Sulawesi. Keberadaan daerah sirkulasi angin ini akan meningkatkan potensi pengangkatan massa udara di sekitar area tersebut sehingga juga akan meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di area itu.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2