Curhat Anggaran Rp2,7 Triliun Tertahan di Bank Himbara, Risma: 99 Persen untuk Bansos

Widya Michella ยท Rabu, 19 Januari 2022 - 21:26:00 WIB
Curhat Anggaran Rp2,7 Triliun Tertahan di Bank Himbara, Risma: 99 Persen untuk Bansos
Mensos Risma mengatakan anggaran Rp2,7 triliun yang tertahan di bank Himbara sebagian besar merupakan dana bansos. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma menyebut setidaknya ada anggaran sebesar Rp2,787 triliun tertahan di bank Himbara. Sebagian besar uang yang merupakan sisa dari realisasi anggaran Kemensos tahun 2021 itu merupakan dana bantuan sosial (bansos). 

"Sebanyak Rp2,7 triliun ini sebagian besar, 99 persen untuk bansos," ujar Mensos dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR RI yang disiarkan secara daring, Rabu (19/1/2022).

Mantan Wali Kota Surabaya ini menjelaskan Kemensos telah berkomunikasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait masalah tersebut. Dia mengatakan kartu bansos tersebut memang sudah ada di Bank Himbara. Namun hingga kini belum diserahkan ke penerima manfaat.

"Kami tahu bahwa kartu-kartu itu sudah ada di bank namun belum diserahkan ke penerima," ujar dia.

Oleh karena itu, dia meminta kepada para anggota Komisi VIII DPR untuk membantunya turun langsung ke daerah pemilihan masing-masing. Lalu bersama Kemensos dapat menyalurkan bansos yang masih tertahan di bank Himbara.

Terkait salur bansos, ucap Risma hingga kini beberapa daerah masih ada yang belum mencapai 100 persen. Misalnya seperti di Bali baru mencapai 84 persen dan Jawa Tengah yang masih dibawah 90 persen.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: