Curhatan Agus Raharjo: KPK Seperti Dikepung dari Berbagai Macam Sisi

Ilma De Sabrini ยท Jumat, 13 September 2019 - 20:57 WIB
Curhatan Agus Raharjo: KPK Seperti Dikepung dari Berbagai Macam Sisi

Ketua KPK Agus Raharjo (tengah) saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/9/2019). (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahajo berkeluh kesah terkait kondisi terkini lembaga antirasuah. Dia menyebut, KPK berada di ujung tanduk.

"Kita sangat prihatin kondisi pemberantasan korupsi semakin mencemaskan, kemudian KPK rasanya seperti dikepung dari berbagai macam sisi," katanya dalam keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

BACA JUGA:

Pimpinan Serahkan Tanggung Jawab Pengelolaan KPK kepada Presiden Jokowi

Internal Dikabarkan Memanas, Pegawai KPK: Kami Tetap Bekerja Seperti Biasa

Pangkal kecemasan Agus adalah peristiwa yang terjadi beberapa hari ini. Pertama, diterimanya revisi UU KPK sebagai usul inisiatif DPR. Kedua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan Surat Presiden (Supres) terkait revisi UU KPK.

"Namun dalam hal pimpinan rasanya Presiden sudah kirim ke DPR, DPR setuju. Kalau paripurna juga setuju, KPK wajib tidak melawan," ujarnya.

Agus menuturkan, sikap yang disampaikan Saut Situmorang dan beberapa pimpinan lainnya tidak ada yang sifatnya personal. Sikap tersebut terkait konferensi pers pelanggaran kode etik Irjen Pol Firli Bahuri, yang saat ini sudah ditetapkan sebagai ketua KPK periode 2019-2023.

Sebelumnya para pimpinan menyerahkan pengelolaan KPK kepada Presiden Jokowi. "Kami pimpinan, yang merupakan penanggung jawab tertinggi di KPK dengan berat hati pada hari ini, Jumat 13 September 2019, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden RI (Jokowi)," kata Ketua KPK Agus.


Editor : Djibril Muhammad

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua