Dahnil Anzar Jadi Jubir Prabowo, Bagaimana Peran Muzani? Ini Kata Gerindra

Felldy Utama ยท Senin, 29 Juli 2019 - 22:44 WIB
Dahnil Anzar Jadi Jubir Prabowo, Bagaimana Peran Muzani? Ini Kata Gerindra

Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjutak. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjutak ditunjuk sebagai Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dahnil juga telah resmi bergabung dengan partai tersebut.

Penunjukan Dahnil menjadikan Prabowo saat ini sebagai satu-satunya ketua umum partai politik yang memiliki juru bicara. Hal ini berbeda dengan parpol lainnya. Pada praktik kelaziman parpol di Indonesia, jika bukan ketua umum langsung, pernyataan-pernyataan resmi partai biasanya dilontarkan oleh sekretaris jenderal (sekjen), wakil ketua umum, atau ketua DPP.

Lantas, bagaiman dengan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani? Akankah perannya akan diambil alih oleh Dahnil? Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menepisnya.

Dasco menerangkan, Dahnil memiliki wewenang untuk menyampaikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan publik yang ditujukan kepada Prabowo selaku ketua umum dan ketua dewan pembina Gerindra. Selain itu, Dahnil juga akan menyampaikan statement-statement dari Pak Prabowo terhadap pernyataan-pernyataan menyikapi situasi-situasi yang ada.

”Nah itu aja kewenangannya," kata Dasco saat dihubungi iNews.id, Senin (29/7/2019).

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR ini menegaskan, sejumlah petinggi partai Gerindra seperti Sekjen Ahmad Muzani hingga pejabat strategis lainnya masih bisa memberikan pernyataan-pernyataan terkait kepartaian. Dahnil, kata dia, bukan juru bicara partai.

"Artinya kalau nanti bicara partai, itu ada yang bicara sesuai kapasitas. Bisa Sekjen, bisa wakil ketua umum yang menguasai bidangnya. Jadi enggak ada soal geser-menggeser, tapi ini hanya pembagian tugas," katanya.

Prabowo menunjuk Dahnil sebagai juru bicaranya. Penunjukan itu diumumkan mantan Pangkostrad ini melalui akun Twitter, Minggu (28/7/2019) malam. Dengan penunjukan ini, Prabowo mempersilakan pihak-pihak yang ingin bertanya pada dirinya, berkomunikasi dengan Dahnil.

"Selamat malam sahabat, selamat berakhir pekan. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa mulai ke depan saya dibantu Bung @Dahnilanzar sebagai juru bicara resmi Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai @Gerindra," cuit Prabowo.


Editor : Zen Teguh