Dampak Gempa Kuat, BMKG: Waspada Potensi Longsor dan Banjir 

Antara · Sabtu, 10 April 2021 - 18:34:00 WIB
Dampak Gempa Kuat, BMKG: Waspada Potensi Longsor dan Banjir 
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di sekitar wilayah Jawa Timur dan wilayah lain terdampak gempa bumi untuk mewaspadai potensi longsor dan banjir bandang bila hujan. Gempa bumi magnitudo 6 dapat membuat lereng-lereng atau batuan menjadi agak rapuh sehingga dapat memicu terjadinya hidrometeorologi, yaitu bencana longsor dan banjir bandang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, peringatan ini disampaikan mengacu dari bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu sehari sebelum terjadi bencana gempa bumi magnitudo 4,1 dan terjadi hujan lebat.

"Jadi mohon diwaspadai potensi longsor dan banjir bandang bila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebagai dampak lanjut setelah ada goyangan gempa bumi yang cukup kuat," ujar Dwikorita dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

Dia menuturkan, beberapa wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat di Jawa Timur, yakni Jombang (di Bandarkedungmulyo), Mojokerto, Pasuruan, Bondowoso dan Jember.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2