Darmizal Klaim KLB di Sumut Diikuti 1.200 Peserta, Demokrat: Bukan Pemilik Suara Sah

Rakhmatulloh · Jumat, 05 Maret 2021 - 10:26:00 WIB
Darmizal Klaim KLB di Sumut Diikuti 1.200 Peserta, Demokrat: Bukan Pemilik Suara Sah
Tangkapan layar persiapan KLB Partai Demorkrat yang disebut berlangsung dalam salah satu hotel di Sibolangit, Deliserdang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah mantan kader Partai Demokrat yang dipecat mengklaim Kongres Luar Biasa (KLB) siap dilaksanakan di Sumatera Utara (Sumut) pada 5-7 Maret 2021. Mantan kader Partai Demokrat, Darmizal mengklaim sebanyak 1.200 peserta akan menghadiri KLB tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menegaskan kader yang telah dipecat sama sekali tidak berhak meminta, mengusulkan, apalagi melaksanakan KLB. Hal itu menurutnya melanggar AD/ART Partai Demokrat yang sudah disahkan di Kemenhukham berdasarkan Kongres tahun 2020.

"Peserta Kongres yang diklaim sudah 1.200 orang itu bukanlah pemilik suara sah. Banyak bukti dan pengakuan dari kader yang bukan pemilik suara, yang ditawarkan insentif money politics asalkan bersedia hadir, dan akan dianggap mewakili kabupaten/kota/provinsi itu," ucapnya di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Herzaky menyebut Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) berada di balik rencana KLB tersebut. Menurutnya itu merupakan bentuk kesewenang-wenangan oknum kekuasaan yang menyalahgunakan kekuasaan dan kemampuan finansialnya untuk merebut paksa kursi Ketua Umum Partai Demokrat dari ketua umum yang sah berdasarkan hasil Kongres V Tahun 2020. 

"Oknum kekuasaan tersebut bekerja sama dengan mantan-mantan kader yang bergerak atas dorongan insentif money politics, jabatan, dan proyek, seperti yang dituturkan para kader yang menolak hadir," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2