Densus Tangkap 68 Terduga Teroris Selama Lima Bulan, Terbanyak di Mei

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 17:08 WIB
Densus Tangkap 68 Terduga Teroris Selama Lima Bulan, Terbanyak di Mei

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M iqbal, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/5/2019). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Sejak Januari - Mei 2019 Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap 68 pelaku tindak pidana terorisme. Paling banyak tertangkap pada Mei 2019, yang akan melakukan aksi jelang pengumuman pemenang Pemilu 2019 pada 22 Mei 2019.

"Saya ulangi kami melakukan upaya paksa kepolisian yaitu penangkapan terhadap 68 tersangka," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M iqbal, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

BACA JUGA:

Jaringan Teroris Malaysia Belajar Rakit Bom di Yogyakarta

Polisi Sebut Terduga Teroris Jaringan JAD Akan Beraksi di Pemilu 2019

Densus Tangkap 9 Terduga Teroris, 7 di Antaranya Berlatih di Suriah

Iqbal menjelaskan, setiap bulan tim Densus 88 anti terorisme menangkap para anggota teroris. Pada Januari empat tersangka, Februari satu tersangka, Maret 20 tersangka dan April 14 tersangka. "Bulan Mei yang paling banyak yaitu 29 tersangka," rinci Iqbal.

Dari 68 terduga teroris tersebut, dia menambahkan, delapan di antaranya meninggal dunia. Satu tersangka meledakkan diri di Sibolga Sumatra Utara dan tujuh tersangka dalam kurun waktu Januari sampai Mei meninggal dunia karena mengancam nyawa petugas.

"Dilakukan pelumpuhan walaupun akibatnya mematikan. Itu adalah SOP ketika nyawa petugas, satu detik itu ancaman seketika harus dilakukan pelumpuhan walaupun akibatnya mematikan," tutur Iqbal.

Dia menjelaskan, penangkapan 29 tersangka pada Mei dilakukan di beberapa lokasi, seperti Bekasi, Kerawang, Tegal, Nganjuk dan Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Penangkapan semua tersangka merupakan proses pengembangan panjang.

"Semua jaringan harus diikuti tidak bisa lepas sedikit pun. Ini akan membahayakan masyarakat seluruh Indonesia," ujar Iqbal.


Editor : Djibril Muhammad

Halaman : 1 2