Dewan Masjid Luncurkan Aplikasi Isyef Online untuk Dorong Ekonomi Umat

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 20 November 2018 - 16:41 WIB
Dewan Masjid Luncurkan Aplikasi Isyef Online untuk Dorong Ekonomi Umat

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Syafruddin meluncurkan aplikasi Isyef Online dan Isyef Point di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Selasa (20/11/2018). (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini).

JAKARTA, iNews.id – Dewan Masjid Indonesia (DMI) meluncurkan aplikasi Indonesian Islamic Youth Economic Forum (Isyef) ) Online di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Selasa (20/11/2018). Bersamaan dengan peluncuran itu dikenalkan pula Isyen Point, tempat diskusi bagi pemuda dan remaja masjid untuk mendorong pemberdayaan ekonomi umat.

Wakil Ketua Umum DMI yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin menuturkan, generasi milenial muslim perlu menciptakan inovasi di bidang digital untuk menjawab tantangan era Industri 4.0.

Syafruddin menuturkan, banyak cara untuk membuat terobosan digital itu. Salah satu program yang dapat memfasilitasinya yakni Isyef. Menurut dia, Isyef merupakan organisasi remaja masjid, utamanya bergerak di bidang pemberdayaan ekonomi berbasis masjid.

"Ini sudah saya resmikan di beberapa kota. Ada juga pemberdayaan wisata islam yang berbasis masjid," kata Syafruddin saat peluncuran aplikasi Isyef Online, Selasa (20/11/2018).

Syafruddin mengingatkan kepada generasi milenial islam untuk mendukung program peningkatan perekonomian Indonesia. Lewat Isyef Online dan Isyef Point ini diharapkan lahir berbagai kreativitas yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Teknologi makin canggih. Saya imbau generasi muda islam untuk berinovasi, lalu disinkronkan dengan pemberdayan ekonomi dan wisata religi berbasis masjid. Itu lebih booming," ujar Syafruddin.

Isyef Online merupakan aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masjid Indonesia. Dalam aplikasi Isyef Online pengguna dapat mengirimkan uang, pembayaran tagihan, hingga menabung emas berbasis syariah.

Aplikasi Isyef Online merupakan suatu bentuk kerja sama antara DMI dengan komunitas pemuda muslim yang tergabung dalam Isyef untuk mendorong keinginan “1 masjid, 1 komunitas, 1 usaha”.

Editor : Zen Teguh