Dimutasi, Jenderal Marinir Mantan Pengawal Jokowi Jabat Irjen TNI

Riezky Maulana ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:09 WIB
Dimutasi, Jenderal Marinir Mantan Pengawal Jokowi Jabat Irjen TNI

Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono (kiri) saat menjabat sebagai Komandan Korps Marinir. Bambang dipromosikan sebagai Irjen TNI, Kamis (22/10/2020). (Foto: dok Antara).

JAKARTA, iNews.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali memutasi jabatan para perwira tinggi militer Indonesia. Mutasi kali ini melibatkan mantan pengawal Presiden Joko Widodo

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/835/X/2020 tanggal 21 Oktober 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Terdapat 47 pati yang kali ini berganti jabatan.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel Sus Aidil mengatakan, 47 pati tersebut berasal dari tiga matra. Perinciannya, 16 pati dari TNI Angkatan Darat (AD), 19 pati TNI Angkatan Laut (AL) dan 12 pati TNI Angkatan Udara (AU).

"Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," ujar Aidil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Pergeseran jabatan antara lain terjadi pada posisi Inspektur Jenderal (Irjen) TNI. Letjen TNI Muhammad Herindra diberi kepercayaan baru untuk menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Herindra menggantikan posisi yang ditinggalkan seniornya, Letjen TNI Joni Supriyanto. Oleh Panglima, Joni ditunjuk sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI.

Pengawal Jokowi

Dengan pergantian tersebut, praktis kursi Irjen TNI pun lowong. Panglima, melalui SK sama, menunjuk Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono. Bambang saat ini menjabat sebagai Danjen Akademi TNI.

Bambang merupakan jenderal bintang tiga marinir dengan rekam jejak komplet. Lulusan alumnus Akademi Angkatan Laut 1987 ini pernah bertugas dalam sejumlah operasi militer.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua