Diperiksa KPK, Hasto Kristiyanto Tak Tahu Suap PAW Caleg PDIP Harun Masiku

Riezky Maulana ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 19:55 WIB
Diperiksa KPK, Hasto Kristiyanto Tak Tahu Suap PAW Caleg PDIP Harun Masiku

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (24/1/2020). (Foto: iNews.id/ Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, Jumat (24/1/2020). Dia diperiksa terkait kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) Caleg PDIP Harun Masiku.

Hasto mengatakan, proses penunjukan Harun Masiku menjadi anggota DPR menggantikan calon anggota DPR terpilih dari PDIP daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan, I Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia sudah sesuai keputusan dan fatwa dari Mahkamah Agung (MA).

Selain itu, partainya juga telah mengingatkan kepada seluruh kader PDIP agar tidak menyalahgunaan kekuasaan dan melanggar hukum.

BACA JUGA:

Hasyim Asy'ari Jelaskan Alasan KPU Tolak Permintaan PDIP ke Penyidik KPK

Hasto Kristiyanto Diperiksa KPK terkait Kasus Suap Komisioner KPU

"Partai telah menegaskan berulang kali melalui surat edaran untuk tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan, apalagi tindakan yang melanggar hukum," ujar Hasto di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Sementara mengenai kasus dugaan suap yang melibatkan Harun Masiku dan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dia tidak mengetahui.

"Sama sekali tidak tahu," ucapnya.

Dia meminta kepada publik untuk memberikan kesempatan kepada KPK untuk mengungkap kasus tersebut. "Sebaiknya kita percayakan seluruh penegakan hukum. Saya hadir karena saya juga percaya terhadap seluruh penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK," katanya.


Editor : Kurnia Illahi