Dipilih Wakili DPD, Fadel Muhammad Incar Kursi Ketua MPR

Felldy Utama ยท Kamis, 03 Oktober 2019 - 07:44 WIB
Dipilih Wakili DPD, Fadel Muhammad Incar Kursi Ketua MPR

Fadel Muhammad (tengah, mengenakan baju batik warna merah). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Seusai dipilih sebagai pimpinan MPR dari unsur DPD, tadi malam, Senator Fadel Muhammad mengungkapkan keinginannya untuk ikut bertarung memperebutkan kursi ketua MPR. Bahkan, untuk memuluskan ambisinya itu, Fadel akan melakukan lobi-lobi politik dengan partai politik dan Presiden kelima RI sekaligus Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Fadel mengaku tekad untuk menjadi ketua MPR tidak hanya datang dari dirinya, melainkan dorongan para senator lainnya yang menilai jabatan itu layak diberikan kepada perwakilan DPD. “Mereka mengatakan DPD adalah fraksi yang terbesar jumlahnya dibandingkan dengan partai-partai di DPR. (DPD punya) 136 (anggota), sehingga pantas untuk menjadi pimpinan, ketua di MPR,” kata Fadel seusai rapat pleno DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/10/2019) malam.

Politikus senior partai Golkar itu mengaku akan melakukan lobi-lobi politik kepada empat partai politik sebelum digelarnya rapat gabungan antara pimpinan sementara MPR bersama masing-masing fraksi politik, dan kelompok perwakilan DPD. “Saya merencanakan jam 09.00 WIB (pagi ini) sudah ketemu dengan empat parpol untuk membicarakan. (Tapi) untuk sementara saya jangan sebut partainya. Nanti lebih siang lagi mungkin kita akan ke partai besar,” ujar dia.

“Saya juga akan ketemu dengan Ibu Mega. Saya kenal baik degan beliau sejak saya menjadi gubernur, menteri, saya dekat degan baliau. Saya akan konsultasi dengan beliau, karena beliau adalah partai pemenang pemilu, kita hormati hal itu,” tutur Fadel.

Meskipun berniat menjadi ketua MPR, Fadel juga sudah memikirkan kemungkinan lain jika ternyata niat tersebut tak terwujud. Dia bakal mempertimbangkan untuk mendukung salah satu calon ketua MPR yang namanya sudah mencuat ke publik, yaitu Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra.

“Kita akan liat dulu kubu mana, kemudian kita menentukan sikap. Kita akan mendukung kepada kubu yang mau ada penguangatan terhadap DPD ke depan. Kalau kubu cuma foya-foya aja begitu, sorry aja,” ucap mantan menteri kehutanan itu.

Rapat pleno DPD sepakat memilih Fadel Muhammad sebagai pimpinan MPR periode 2019-2024 mewakili kelompok DPD. Keputusan itu dihasilkan dari pemungutan suara (voting) yang dilakukan pada Rabu (2/10/2019) malam.

“Fadel Muhammad memperoleh 59 suara, Yorrys Raweyai memperoleh 16 suara, Dedi Iskandar memperoleh 5 suara, dan GKR Hemas memperoleh 46 suara. Dengan persetujuan menetapkan Fadel Muhammad, apakah dapat disetujui?” kata pimpinan sidang rapat pleno DPD, Instiawati Ayus yang langsung dijawab setuju seluruh senator yang hadir.

Editor : Ahmad Islamy Jamil