Dirjen Imigrasi: WNA China Masuk Indonesia Sudah Penuhi Aturan Keimigrasian

Abdullah M Surjaya · Sabtu, 08 Mei 2021 - 01:59:00 WIB
Dirjen Imigrasi: WNA China Masuk Indonesia Sudah Penuhi Aturan Keimigrasian
Ilustrasi WNA asal China (Antara)

JAKARTA, iNews.id – Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM memastikan, warga negara asing (WNA) asal China yang masuk ke Indonesia sudah memenuhi aturan keimigrasian dan aturan perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19. Mereka masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta.

"Sudah memenuhi aturan keimigrasian dan aturan perjalanan internasional," kata Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Jhoni Ginting, Jumat (7/5/2021).

Jhoni menambahkan, aturan yang dimaksud yakni Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 26 Tahun 2020. Tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19.

"Petugas Imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para WNA tidak lulus pemeriksaan kesehatan oleh petugas," katanya.

Pemeriksaan kesehatan itu, kata Jhoni, dilakukan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) sesuai protokol kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2